Bupati Rohil Tinjau Pembangunan SPAM

Rohil,Lantangriau.com – Bupati Rokan Hilir H Suyatno melakukan peninjauan Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis (Durolis), Selasa (26/6/2018).

Hasil pantauan pembangunan SPAM tersebut yang bersumber dari dana APBN sudah mencapai 60 persen

“Dari hasil peninjauan kita dan laporan dari Kontraktor pelaksana,hasil bangunan sudah mencapai 60 persen,” terang Suyatno disela sela peninjauan

Suyatno juga memuji pembangunan Spam Durolis ini sangat bagus dan Rapi.

“Pembangunan ini tidaklah gampang, membutuhkan biaya besar. Alhamdulilah saya lihat hasil kerja rekan rekan dilapangan cukup bagus,”ungkap Suyatno.S

elain itu, Suyatno juga menyatakan khusus di Rohil untuk sementara program sarana air bersih nantinya jika selesai baru bisa melayani akan air bersih di tiga kecamatan.

Yakni Kecamatan Tanah Putih, Rimba Melintang serta Bangko Pusako. Sisanya baru akan menunggu anggaran lanjutan dalam penyediaan pipa air bersih yang menghubungkan ke rumah-rumah warga.

“Untuk Rohil 3 Kecamatan. Dan saat ini sedang proses lelang jaringan pemasangan Pipa dan sambungan rumah dengan anggaran 36,4 Miliar dari apbd Rohil 2018,” beber Suyatno

Selain itu, untuk wilayah Kabupaten Bengkalis akan teraliri untuk Wilayah Duri dan sekitarnya, begitu juga wilayah Dumai sekitarnya.Ma

syarakat Dapat Menikmati Air Bersih.

Pemancangan tersebut menandai telah dimulainya pelaksanaan pembangunan air minum yang layak merupakan tindak lanjut atas kesepakatan dan perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani pada 18 juli lalu, yaitu antara provinsi bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta ketiga pemerintah kabupaten dan kota.

Melalui program SPAM Durolis diharapkan akan mampu menjawab persoalan air bersih yang selama dinanti masyarakat Riau bagian pesisir, khususnya tiga kabupaten itu.

Dengan adanya pembangunan air bersih tersebut diharapkan dapat mengatasi persoalan air bersih yang selama ini jadi persoalan di tiga daerah ini kemudian air tersebut dapat dinikmati masyarakat.

Pembangunan SPAM Durolis di lahan seluas dua hektare ini, akan mulai dinikmati ratusan ribu masyarakat Durolis pada awal tahun 2019. Dan investasi pada SPAM Durolis mencapai Rp672,01 miliar untuk kapasitas air 1.500 L/det.

Berikut tahapan pembangunan SPAM Durolis, tahap pertama 2017-2018 total investasi 672,01 Miliar, unit air baku dan transmisi Rp39,62 Miliar, unit produksi Rp70 miliar, JDU dan off take Rp562,34 miliar.

Tahap II 2019-2022 unit profuksi Rp70 miliar, tahap III 2023-2025 unit produksi RP70 miliar, dan tahap IV 2026-2040 unit produksi Rp70 miliar.

Lingkup wilayah terdiri dari, Kota Dumai, Kecamatan Dumai Kota, Dumai Barat, Dumai Timur dan Dumai Selatan. Kabupaten Rokan Hilir, Kecamatan Tanjung Belawan, Bangko, Rimba Melintang, Batu Hampar, dan Kecamatan Bangko Pusako. Kabupaten Bengkalis, Mandau dan Keca¬matan Pinggir.

Penerima manfaat 120.¬000. Untuk sambungan Rumah (SR) yang akan terbangun di Dumai 15.000 SR, Rokan Hilir 10.000 SR, Bengkalis 15.000 SR. Untuk Kabupaten Rohil, SPAM Durolis akan menjadi ikon pariwisata. Karena masyarakat pasti akan ingin tahu dimana lokasi dan sejarah pembangunan SPAM Durolis.

Adv/Rohil/T2

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...