Dipastikan, 146 Jalur Akan Bertarung Di Tepian Narosa Teluk Kuantan

 Martinus Firdaus(1)aTeluk Kuantan, LantangRiau.com – 146 Jalur sudah dipastikan akan ‘bertempur’ untuk memperebutkan piala Menteri Pariwisata pada ajang Pacu Jalur Event Nasional 2014 di Tepian Narosa Teluk Kuantan. Pacu Jalur Event Nasional tahun 2014 akan diselenggarakan mulai Kamis hingga Minggu (21-24/8/2014).

Dimana, dari jumlah jalur yang ikut serta dalam laga penuh gengsi dan terakbar tahun ini,  memang tentunya jumlah tetap didominasi jalur asal Kabupaten Kuantan Singingi selaku tuan rumah, yakni, dari Kecamatan Kuantan Tengah 27 jalur, Kecamatan Benai 16 jalur, Kecamatan Gunung Toar 15 jalur, Kecamatan Pangean dan Kecamatan Kuantan Mudik 14 jalur, Kecamatan Inuman 10 jalur, Kecamatan Kuantan Hilir 7 jalur, Kecamatan Kuantan Hilir Seberang 8 jalur, Kecamatan Sentajo Raya 6 jalur, Kecamatan Hulu Kuantan 4 jalur.

Selanjutnya, Kecamatan Pucuk Rantau, Kecamatan Logas Tanah Darat, Kecamatan Cerenti, Kecamatan Singingi Hilir dan Kecamatan Singingi masing-masing mengikutsertakan 1 jalur. Dan ada juga jalur yang berasal dari Kabupaten tetangga, yakni, Kabupaten Rokan Hilir 1 jalur dan ada pula dari Kabupaten Indragiri Hulu yang mana jalur utusannya pada tahun ini berjumlah 19 jalur, meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dimana dari hasil pencabutan undian pada hari kamis (20/8/2014) kemarin, yang dilaksanakan di gedung Narosa Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi akan ada 73 kali hilir.

Acara pencabutan undian tersebut dibuka langsung secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi Drs. H. Muharman ,M.Pd yang didampingi oleh Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kuantan Singingi, Azwan yang juga merupakan Ketua seksi gelanggang, Kabag Hukum, Irwan Nazif dan Asisten I Erlianto yang dihadiri oleh 146 perwakilan jalur yang ikut serta pada Pacu Jalur Event Nasional tahun 2014 ini.

Pada hari pertama Pacu Jalur Event Nasional 2014 yang dimulai hari ini, Kamis (21/8/2014) siang hingga sore, sejumlah jalur unggulan banyak yang bertemu lawan sepadan, seperti jalur Puti Mandi Mayang Taurai dari Desa Rantau Sialang Kecamatan Kuantan Mudik yang merupakan sang jawara di Tepian Narosa Teluk Kuantan beberapa tahun silam langsung bertemu dengan jalur yang juga mantan sang jawara dari Kecamatan Pangean yakni jalur Ombak Nyalo Simutu Olang dari Desa Pulau Tengah Kecamatan Pangean yang berada dihilir ke 7.

Kemudian, jalur sang jawara pada tahun 2013 lalu di Tepian Narosa Untuang Betuah dari Desa Danau Baru Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu akan berhadapan dengan jalur Garuda Baru dari Desa Pulau Mungkur Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi.

Yang tak kalah menarik, jalur tiga kali juara rayon yakni, jalur Meriam Onggang Parau dari Desa Kepala Pulau Kecamatan Kuantan Hilir akan berhadapan dengan jalur Pandan Baiduri dari Sekip Hilir Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Sementara, jalur Ngiang Kuantan dari Desa Kampung Baru akan berhadapan dengan jalur Tua Putra Dewa dari Rengat Kabupaten Indragiri Hulu.

Kemudian, jalur Pulou Laghe Mandulang Untuong dari Desa Pulau Madinah Kecamatan Kuantan Hilir yang merupakan sang jawara di Tepian Lubuok Sobae Baserah pada Pacu Jalur di tingkat rayon lalu akan berhadapan dengan jalur Pendekar Kuantan dari Desa Ujung Tanjung Kecamatan Benai.

Editor : Hendra Riko Purnomo

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...