DPRD Bengkalis Gelar Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Bengkalis 506

Bengkalis, Lantangriau.Com– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis gelar rapat Paripurna Istimewa, kegiatan ini dilakukan sempena hari jadi Bengkalis ke- 506. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung DPRD Kabupaten Bengkalis. Senin (30/07/2018).

Peringatan hari jadi Bengkalis kali ini mengambil tema “Melalui Hari Jadi Ke-506 Bengkalis, Kita Tingkatkan Semangat Kerja Bersama Menuju Bengkalis Maju dan Makmur”.

Iring-iringan Bupati Bengkalis Amril Mukminin, beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dari Wisma Sri Mahkota menuju gedung DPRD Bengkalis disambut dengan pencak silat dan tari persembahan.

Dalam acara rapat paripurna istimewa tampak juga BEPPEDA Provinsi Riau Indra Putra Yana, wakil DPRD Provinsi Riau Bagus Santoso, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, LAM Provinsi Riau Datuk H Al-Azhar, Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H Abdul Kadir, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Zuhelmi, Indra Gunawan dan Kadesrismanto dan 32 anggota DPRD Kabupaten Bengkalis yang Hadir, Ketua LAMR Kabupaten H Zainuddin Yusuf, Sekda Bengkalis H Bustami HY, Mantan Bupati Bengkalis H Syamsurizal dan Padlah Sulaiman.

Rapat paripurna istimewa yang di pimpin langsung oleh ketua DPRD Kabupaten Bengkalis dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Setwan beserta jajarannya karena telah bekerja keras memfasilitasi kegiatan rapat paripurna ini sehingga berjalan dengan baik dan lancar. Dan beliau juga membaca sejarah terbentuk dan perjuangan masyarakat Bengkalis.

Ketua DPRD H Abdul Kadir dalam sambutannya mengatakan hari jadi Bengkalis merupakan mengingat lagi sejarah jadi Bengkalis dan untuk introspeksi diri kita dan mencontoh pahlawan yang memperjuangkan Bengkalis.

“Dengan acara ini dapat mengenangkan pahlawan telah gugur dengan bersyukur dan mengirimkan doa serta untuk kita introspeksi diri membuat Bengkalis lebih maju lagi” sebut Abdul Kadir.

Selanjutnya, dalam rangka hari jadi Bengkalis ini Abdul Kadir mengajak seluruh tamu undangan untuk mengenang kembali peristiwa heroik para pejuang Bengkalis dalam mengusir penjajah Portugis. Beliau mengatakan bahwa kemampuan menangkis serangan dan menantang Portugis tahun 1512 merupakan peristiwa paling bersejarah dan memiliki semangat perjuangan yang besar bagi Bengkalis.

“Inti dari Peristiwa ini bukanlah persoalan menang atau kalah, tapi yang lebih esensi adalah, bahwa kita telah menunjukkan kepada bangsa penjajah, bahwa tanah ini adalah tanah yang bermarwah, tanah yang bertuan, serta negeri yang memiliki putra putri nan bersedia mati demi bakti”ungkap Abdul Kadir.

Beliau juga menyebutkan bahwa di momentum Hari Jadi Bengkalis yang ke-506 ini semestinya bukanlah semata-mata peristiwa mengenang dan berbagi cerita, bukan sekedar bergembira, atau sekedar sebuah kegiatan seremonial belaka. Hendaklah peristiwa ini menjadi momentum strategis untuk melakukan kilas balik terhadap derap pembangunan yang telah dilakukan, melihat laju pembangunan yang tengah berjalan, dan untuk merencanakan peningkatan dimasa yang akan datang.

Sementara itu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin juga berharap peristiwa bersejarah di masa lampau untuk dapat dijadikan sebuah renungan untuk membangun negeri junjungan agar Bengkalis semakin maju kedepannya.

“Insyaallah, dari waktu ke waktu, semangat perjuangan tersebut tidak pernah hilang bahkan akan terus membara dan kita bekerja keras mewujudkan ini dalam menunjang visi dan misi Kab. Bengkalis yaitu dengan fokus menjadikan pulau Bengkalis sebagai pusat pemerintahan, pusat pendidikan terpadu dan pusat pengembangan budaya melayu serumpun”Ujar Beliau.

Sidang paripurna istimewa hari jadi Bengkalis sudah dilakukan 13 sejak di perdakan oleh pemerintah Bengkalis.

Acara rapat paripurna istimewa yang di gelar oleh DPRD Kabupaten Bengkalis Bukan saja seremonial semata tetapi makna yang terkandungnya.

“Apa yang terkandung dengan kegiatan hari jadi Bengkalis dapat kita ambil dan untuk di teladankan”, ungkap Bupati Bengkalis.

Selanjutnya, Gubernur Riau H. ArsyadJuliandi Rachman yang pada saat itu diwakili oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Drs. H. Indra Putra Yana dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Bengkalis merupakan Kabupaten yang termasuk termasuk pertumbuhan ekonominya cukup tinggi telah banyak memberikan sumbangsih terhadap pembangunan di Provinsi Riau dan Nasional.

“Oleh karena itu kita sepatutnya berbangga dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, Kabupaten Bengkalis masih berdiri tegak hingga saat ini. Disamping itu, menyadari masih panjangnya perjalanan pembangunan yang harus ditempuh, maka kita harus bersepakat dan berbulat tekad untuk senantiasa menjalin persatuan kesatuan dalam rangka menyelesaikan persoalan-persoalan mendasar di setiap lini” lanjut beliau.

Acara kemudian berakhir dengan foto bersama dan salam-salaman dilanjutkan dengan jamu selera bagi para tamu undangan yang hadir.

 

Terakhir acara rapat paripurna dengan berfoto dan makan siang bersama tamu undangan hadir.

Syaf/Adv/Bkls

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...