Kuala Kampar Gelar Teknologi Tepat Guna

Pelalawan,Lantangriau.Com– Kuala Kampar(pulau mendol) Gelar Teknologi Tepat Guna ( TTG) Kabupaten Pelalawan tahun 2016 Posyantek Melati Kuala Kampar Kecamatan Kuala Kampar Menampilkan alat perontok pinang serta menampilkan alat pembelah pinang manual, pembuka pinang manual, serta sesai (pupuk compos) angglo masak dan alat mengukur kelapa yg dari kayu yg memakai mesin dgn kapasistas yg cepat.

Alat Posyantek Kecamatan kuala kampar masih ada ungkap Suparman Seketaris posyantek karna ada yg dipakai dan di sewa seperti alat penampi padi/beras di daerah perladangan.

“Tahun 2016 Posyantek Kuala Kampar Kenapa menampilkan alat perontok pinang dikarenakan dari 4.254 KK (BPS Kuala Kampar 2015) hampir di setiap rumah yg ada di kecamatan Kuala Kampar mempunyai tanaman pinang”ungkapnya

Dia juga menambahkan bahwa masyarakat kewalahan dalam membelah dan mencongkel pinang. Maka dari hasil rapat Posyantek KK dan Warung Teknologi Desa (Warteg) sekecamatan kuala kampar untuk membuat TTG mesin perontok pinang.

Adapun yang jadi pengurus Posyantek Kuala Kampar Agus, andri, budi, prayetno Indrayani mengatakan bahwa Permendagri No 20 Tahun 2010 Posyantek harus bisa memberi layanan teknis, informasi dan promosi dan menjembatani masyarakat sebagai pengguna TTG serta memotivasi Penerapan TTG di masyarakat, memfasilitasi penerapan TTG.

Sasaran posyantek masyarakat pengangur putus sekolah dan keluarga miskin serta masyarakat yg memiliki usaha mikro, kecil menengah dan posyantek dan warteg.

ttg1Camat Kuala Kampar yg di wakili Sekcam Kuala Kampar Tengku Eddy Zuchyar Mengatakan emang benar hampir disetiap Rumah di kecamatan Kuala Kampar memiliki tanaman Pinang.

“Saya berharap kepada Posyantek Kuala Kampar untuk terus bekarya meningkat pengembangan TTG untuk masyarakat Kuala Kampar sebagaimana Kuala Kampar daerah pertanian Padi, Kelapa, pinang, sagu, kopi, karet dll. Sekcam”ungkapnya.

T. Eddy Zuchyar juga mengucapkan Terimakasih kepada Pengurus Posyantek dan Warteg kecamatan Kuala Kampar karna bisa mewakili Kabupaten Pelalawan Untuk Gelar TTG 2016 Tingkat Provinsi Riau.

Rls/T2

 

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...