Mahasiswa Rohul Demo dan Desak POLDA Riau Usut Kasus Koperasi Timiang Raya

Pekanbaru, Lantangriau.com- Gerakan Mahasiswa Peduli Rakyat Kabupaten Rokan Hulu (GEMPAR)  demo Polda Riau terkait adanya penyelewengan yang dilakukan oleh koperasi Timiang Raya terkait lahan masyarakat di Rokan Hulu. Jumat(22/9/16).

Sandy Putra Rizky selaku Koordinator lapangan mengatakan bahwa Tindakan pengambilan ataupun pencurian yang bukan hak ataupun milik kita merupakan sebuah  tindakan yang sangat tercela sekali dan dapat merugikan orang lain sehingga akan berdampak terhadap kondisi perekonomian masyarakat.

“Beberapa bulan yang lalu masyarakat dari desa lubuk napal kecamatan rambah samo kabupaten rokan hulu menberitakan ataupun menyampaikan kepada kami mahasiswa untuk membantu menyampaikan persoalan ini kepada penegak hukum yang ada di provinsi Riau sekaligus mengawal jalanya proses hukum dalam persoalan ini” ungkapnya.

Dia juga menambahkan bahwa Dalam hal ini masyarakat menyampaikan ada sebuah permasalahan yang sejak dari dulu dulunya tidak kunjung terselesaikan oleh internal koperasi timiang Raya, pemerintah desa bahkan juga sudah ke kecamatan tapi persoalan ini tidak kunjung selesai dan tidak menemukan sebuah hasil yang dapat menjadi sebuah keputusan.

“Berangkat dari persoalan ini masyarakat menyampaikan kepada mahasiswa bahwasanya luas lahan itu berjumlah 1052 ha kemudian dari 1052 Ha ini ditanami sawit sekitar 700 Ha dan yang berproduksi hanya sekitar 480 ha,sisa lahan sawit yang belum ditanami itu seekitar 352 Ha itu sesuai dengan apa yang disampaikan masyarakat diduga ataupun terindikasi telah diambil dan diperjual kan kepada orang lain yang dalam hal ini menjadi milik pribadi bukan milik koperasi hal ini diduga dilakukan oleh anggota koperasi yang pada hari ini beliau menjabat menjadi anggota DPRD kab.rokan hulu dari fraksi PPP dengan inisial AR”tegasnya.

Sandy menambahkan lagi bahwa Bahkan sesuai dengan data imformasi oleh masyarakat kepada kami mahasiswa bahwasanya pada tahun 2005 dan 2009 saudara AR Salah Seorang anggota DPRD Kab Rokan Hulu Dari partai PPP Dapil I ini pernah membuat sebuah perjanjian kepada masyarakat akan memulangkan lahan yang telah beliau ambil tapi kenyataanya sampai hari ini lahan itu tidak pernah dipulangkan bahkan di duga diperjual belikan

“Kalau memang apa yang diberitakan masyarakat itu terbukti maka ini adalah sebuah tindakan yang sangat tercela dan dapat merugikan masyarakat bahkan institusi dari lembaga DPRD juga ikut tercemar atas perbuatan dari legislatornya bukanya mendengarkan dan membantu masyarakat justru malah merugikan masyarakat” tegasnya.

Adapun yang jadi tuntutan masa dari mahasiswa ini adalah

1. Meminta kepada Bapak Kapolda Riau Untuk Memeriksa Saudara AR Salah seorang Anggota DPRD Rokan Hulu dari partai PPP, Karna di duga telah merampas hak masyarakat lubuk napal kec. Rambah samo kab. Rokan hulu.

2. Kami mendesak pihak polda riau agar segera bergerak dan menyelesaikan persoalan lahan yang ada di koperasi timiang raya desa lubuk napal kecamatan rambah samo kab.rokan hulu

3. Kami meminta agar melakukan penyekidikan kepada pihak yang terlibat dalam permasalahan ini sampai ke akar akarnya

4. Kami siap memfasilitasi pihak polda riau dengan masyarakat jika memang diperlukan

5. Jika aksi kami pada hari ini tidak ditindak lanjuti dalam kurun waktu 7 x 24 jam maka kami akan aksi kembali

 

Demikianlah pernyataan sikap kami besar harapan kami agar persoalan ini segera terselesaikan

 

Pekanbaru,23 september 2016

 

GERAKAN MAHASISWA PEDULI RAKYAT

KABUPATEN ROKAN HULU

GEMPAR – ROHUL

Sandy putra rizky

Koordinator lapangan

Rls

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...