Poros Muda Inhu: Taja Dialog Tentang Peran Pemuda Dalam Pilkada

kopi riauPekanbaru-Poros muda IndraGiri Hulu(Inhu) Mengelar Dialog Pemuda Indragiri Hulu Jumat sore (27/2/2015) di kopi Riau.

Dialog tersebut dihadiri puluhan mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi di pekanbaru,tak hanya mahasiswa asal inhu,yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Inhu (IKAMIHU)pekanbaru, namun juga di ikuti juga dari bebearapa mahasiswa asal kabupaten lain nya di Riau.

Dialog yang di taja oleh Poros Muda Inhu ini mengangkat tema “Pilkada dan peran pemuda Mahasiswa inhu”
Sebagai pembicara yaitu Hendri marhadi SE MPd selaku tokoh muda asal Indragiri Hulu,pembicara lain nya yaitu Adlin Ssos MSi selaku pengamat politik Riau. dan Satrio rachmazan Plt Ketua Umum IKAMIHU.

Acara ini di gelar sempena akan di laksanakan nya pilkada serentak di 9 kabupaten di Riau, dialog ini upaya untuk memberikan pendidikan politik terkusus buat kaum muda dan mahasiswa untuk berperan aktif dalam menyonsong pilkada di riau kusus nya di inhu ujar Angga Kurniawan ketua poros muda inhu juga selaku moderator dialog tersebut.

Pembicara pertama mengakatan pilkada adalah bagian dari pesta demokrasi, saat ini ada nya beberapa revisi terhadap beberapa poin dalan undang undang pilda terbaru yaitu sarat pendidikan kepala daerah minimal SLTA//Sederajat serta pelaksanaan pilkada tetap di laksanakan Oleh Komisi pemilihan Umum(KPU) Serta usia kepala daerah tetap untuk gubernur minimal 30 tahun, serta bupati dan walikota 25 tahun, hal ini jelas memberi ruang yang besar bagi partisipasi pemuda dalam pilkada ujar pengamat politik Riau ini.

Namun dia sangat menyangankan keikusertaan masarakat sedikit di persempit karna ada nya penghapusan tahapan uji public dalam undang undang pilkada .

Pembicara lain nya Hendri marhadi mengatakan peran pemuda dalam politik sangat besar dari masa ke masa sejak di cetus nya gerakan budi utomo 1908 sampai gerakan repormasi 1998 Pemuda dan mahasiswa menjadi peran utama,namun setelah gerakan itu berhasil pemuda terjebak dalam kooptasi kekuasaan dan materialistic, yang di dalam nya terdapat kepentingan penguasa sebelum nya , ujar Bung Hendri yang di gadang gadang kan akan maju sebagai bakal calon Bupati inhu.

Secara undang undang kepemudaan, pemuda itu berkisar dari usia 17 tahun sampai usia 35 tahun.gerakan pemuda adalah bagian dari sebuah perjuangan tampa pamrih, militansi serta gerakan yang tersistematis yang memiliki watak visoner bukan “pitioner” ujar hendri yang juga akademisi unri ini sambil terseyum,yang di sambut gelak tawa peserta dialog tersebut.

Dia menekan kan arti penting nya pemuda dan mahasiswa dalam upaya memberi pendidikan politik yang cerdas bagi masarakat sebab masarakat yang visioner akan melahirkan pemimpin yang visioner ujar hendri mahardi SE MPd yang di sambut tepuk tangan perserta dialog.

Pembicara lain nya PLT ketua IKAMIHU saudara Satrio rachmazan Menegaskan pemuda kusus nya mahasiswa dalah bagian dari civil society yang memiliki peran selaku agen perubahan serta agen control social kemasyarakatan.dan ada nya dialog ini akan semakin mempererat hubungan solidaritas baik sesame mahasiswa asal inhu maupun masiswa asal kabupaten lain nya di Riau ujar mahasiswa universitas Riau ini dengan semangat.(dho)

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...