Satu Lagi Objek Wisata Air Terjun Gadih Ranti Sumbar Yang Wajib Dikunjungi

Sumbar,Lantangriau.Com– Cukup banyak Air Terjun di Sumatra Barat, namun salah satu yang wajib dikunjungi bila ke Sumatra Barat adalah Air Terjun Gadih Ranti yang terletak di Jorong Dama Gadang Dan  Jorong Arikia Dalko, Kenagarian Tanjung Sani , Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Air terjun ini juga memiliki cerita sebagaimana tuturan salah satu nara sumber Bapak Syahrial petani yang berdomisili di Kenagarian Dama Gadang mengungkapkan konon pada dahulu kala ada seorang Gadih (Gadis) Minang pengembala kerbau yang berasal dari daerah Muko-muko Maninjau mengembalakan kerbau nya hingga ke Arikia Dalko

“ Dan didalam pengembalaan tersebut ia menemukan air terjun di dalam lebatnya hutan yang sekarang terletak di daerah jorong Arikia Dalko. Ketika pada suatu saat Gadih yang bernama Ranti itu jatuh sakit dan iapun berendam di Air terjun tersebut hingga seluruh penyakit nya sembuh setelah berendam di air terjun yang sekarang di beri nama Gadih Ranti” ungkapnya.

Syahrial menambahkan lagi bahwa hingga sekarang mandi di air terjun gadih ranti dipercaya masyarakat dapat mengobati penyakit-penyakit dalam.

Satu Lagi Objek Wisata Air Terjun Gadih Ranti Sumbar Yang Wajib DikunjungiUntuk sampai ke air terjun Gadih Ranti bisa menggunakan kendaraan Roda Dua dan kendaraan Roda Empat, waktu tempuh memakan waktu sekitar 30 menitan dari Kota Lubuk Basung.

Yang membedakan air terjun Gadih Ranti dengan Air terjun lainnya yakni dimana terdapat air terjun kecil-kecil yang terpampang-pampang di sekeliling bebukittan yang mengitari dua jurai air terjung dengan ketinggian diperkirakan hingga 30 meter dari kawah pemandian.

Keterangan tersebut ditambah lagi oleh aktivis lingkungan Riau yang memimpin IMAMARU ADVENTURE  ketika mengunjungi  Air Terjun Gadih Ranti  Pada tanggal  8 juli 2016 Zainuddin Mk yang juga pendiri IMAMARU (Ikatan Mahasiswa Minang Riau Bersatu ) yang juga Putra asli Lubuk Basung mengajak seluruh lapisan masyarakat, pemerintah Dan pihak-pihak terkait lainya baik yang berada di Sumbar maupun diperantauan

“Kita harapkan untuk bekerjasama mempromosikan destinasi wisata yang kedepan nya akan menjadi objek wisata unggulan di Sumatra barat ini” tutupnya.

T2/Rls

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...