SEKJEN PBB: Gencatan Senjata Gaza Membuahkan Perdamaian

PBBPBB.Lantangriau.Com -Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon Selasa menyuarakan harapan bahwa gencatan senjata di Gaza akan mengatur panggung bagi pembicaraan-pembicaraan kesepakatan perdamaian terakhir Israel-Palestina.

Israel dan Palestina menyepakati gencatan senjata jangka panjang pada pukul 16.00 GMT Selasa untuk mengakhiri 50 hari pertumpahan darah yang menewaskan lebih dari 2.100 orang Palestina, salah satu konflik terburuk antara kedua belah pihak dalam satu dekade.

“Sekjen tetap berharap bahwa gencatan senjata yang diperpanjang akan bertindak sebagai awal proses politik sebagai satu-satunya cara untuk mencapai perdamaian yang tahan lama,” kata juru bicara PBB Stephane Dujarric.

Ban memperingatkan bahwa “masa depan yang cerah untuk Gaza dan Israel bergantung pada gencatan senjata yang berkelanjutan ini” dan bahwa “setiap pelanggaran gencatan senjata akan benar-benar tidak bertanggung jawab.”

Sekjen PBB juga mendesak para pihak untuk mengatasi akar penyebab krisis yang telah menyebabkan tiga perang dalam enam tahun di Gaza.

PBB siap mendukung upaya untuk mengatasi “faktor-faktor struktural konflik” antara Israel dan Gaza, kata juru bicara PBB.

Ban mengutip kembalinya Otoritas Palestina ke Gaza, pencabutan blokade dan mengatasi kekhawatiran keamanan Israel sebagai kunci untuk menghindari kambuh ke dalam perang.

Menegaskan bahwa solusi dua negara adalah satu-satunya pilihan yang layak untuk perdamaian, Ban menyerukan kepada semua pihak untuk kembali ke meja perundingan, pada kesepakatan perdamaian akhir yang akan mengakhiri pendudukan Israel di wilayah Palestina.ANT

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...